Pabean Udik, Penghasil Perut Ikan (Hipyo) Remang di Indramayu


Pekerja menjemur perut ikan (hipyo) Remang di sentra olahan hasil laut daerah Pabean Udik, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Selasa (16/6). Permintaan ekspor hipyo dari berbagai negara seperti Tiongkok, Korea dan Jepang meningkat hingga 40 persen dengan harga jual Rp2 juta hingga Rp3 juta per kilogram. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/kye/15.

Indramayu adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, merupakan wilayah yang dilintasi jalur Pantura, salah satu jalur terpadat yang dilalui di sepanjang Pulau Jawa. Kabupaten Indramayu terkenal mulai dari hasil pertanian, kerajinan , akan kelautan dan perikanannya bahkan juga akan wisata kulinernya. Sesuai dengan letaknya yang berada di pesisir pantai maka kabupaten Indramayu merupakan salah satu Kabupaten yang memiliki potensi ikan laut yang masih tinggi.

Hampir disemua daerah di Kabupaten Indramayu hasil tangkapan ikan para nelayannya cukup stabil, sehingga tidak perlu merisaukan akan melonjaknya permintaan akan ikan khususnya ikan remang ini. Ikan remang adalah sejenis ikan laut menyerupai ikan layur, dan berprotein tinggi . Panjang ikan remang ini rata-rata antara 100 sampai 150 sentimeter, namun adakalanya dapat mencapai 200 sentimeter panjangnya.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan nilai ekspor perikanan tahun 2015 sebesar 5,4 miliar dollar AS,

target-ekspor-perikanan-1024x683

Daerah Pabean Udik merupakan salah satu daerah pesisir pantai di Kabupaten Indramayu, penghasil ikan remang. Melonjaknya permintaan perut ikan Remang atau lebih dikenal dengan sebutan hipyo ikan, dari berbagai negara seperti Tiongkok, Korea dan Jepang, membuat nelayan di sentra olahan hasil laut daerah Pabean Udik, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, memiliki harapan untuk peningkatan akan perekonomian mereka. Permintaan ekspor hipyo ikan remang memang terus meningkat dari tahun ke tahun. Ikan remang ini memang sangat diminati oleh banyak orang, selain perutnya, kulit ikan remang ini juga dapat dijadikan sebagai kerupuk ikan yang sangat gurih dan dicari banyak orang.

Hipio , merupakan bagian lambung tau perut yang dikeringkan. Ada dua jenis dari hipio (perut ikan), ada yang berbentuk pipa bulat berujung runcing dan kering sangat ringan. Ada juga yang dibelah melebar lalu dikeringkan dan digoreng. Yang ini mirip dengan rembak atau kulit sapi. Harganya yang cukup mahal, dan sangat diminati oleh pasar luar negeri.

Nelayan di Pabean Udik mengakui bahwa tahun 2012 saja harga jual hipyo ikan remang telah terjadi peningkatan pesanan untuk pasar China/Tiongkok dan Jepang untuk dijadikan sebagai bahan olahan makanan dengan harga jual pada kisaran Rp. 1.6jt per kg hingga 2.2jt per kg, dan di tahun ini dimana biasanya di jual dengan harga jual Rp2 juta an namun sekarang meningkat hingga Rp3 juta per kilogram nya dimana salah satunya merupakan ekspor hipyo ikan remang dari daerah Pabean Udik, Kabupaten Indramayu.

Sumber : Berita Daerah

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s