Aziz Minta Yance Dibebaskan, Jaksa Agung: Tak Ada yang Boleh Intervensi Hukum!


Jakarta – Ketua Komisi III DPR Aziz Syamsuddin meminta Kejaksaan Agung membebaskan politisi Golkar Irianto MS Syafiuddin alias Yance dari tahanan. Permintaan ini ditolak sebab proses hukum tidak boleh diintervensi siapapun.

“Proses hukum sedang berjalan, biarlah perkara Yance bermuara ke persidangan di pengadilan,” kata Jaksa Agung M Prasetyo saat dihubungi, Rabu (10/12/2014) malam.

Setiap terdakwa lanjut Prasetyo bisa menggunakan haknya membela diri di hadapan majelis hakim. Tapi jaksa penuntut umum juga harus membuktikan dakwaannya.

Bersalah atau tidaknya terdakwa perkara korupsi termasuk Yance menurut Prasetyo akan ditentukan oleh keputusan majelis hakim dengan mempertimbangkan bukti dan fakta persidangan.

“Majelis hakim yang berwenang menilai dan menjatuhkan putusannya. Di luar itu tidak dibenarkan pihak lain siapapun mengintervensi dan mencampurinya,” tegas Prasetyo.

Sebelumnya Aziz yang juga Wakil Ketua Umum Golkar kubu Ical menuding ada kepentingan tertentu di balik penahanan Yance dalam kasus dugaan korupsi pembebasan lahan proyek PLTU di Sumur Adem tahun 2004. Karena itu dia meminta agar Kejaksaan segera melepas Ketua DPD Golkar Jabar itu dari tahanan.

Kasus yang menjerat Yance ini berawal dari masa kepemimpinannya sebagai Bupati Indramayu pada 2000-2010. Pada tahun 2004, diduga Yance melakukan tindakan penggelembungan harga dalam pembebasan lahan seluas 82 hektare untuk pembangunan PLTU I di Indramayu senilai Rp 42 miliar.

Lewat panitia pembebasan tanah, Yance diduga menaikkan nilai harga jual tanah atau mark up yang seharusnya Rp 22 ribu per meter persegi menjadi Rp 42 ribu. Perbuatannya tersebut mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp 42 miliar.

Dalam kasus tersebut ada tiga terdakwa lainnya yang diduga terlibat, yakni Agung Rijoto pemilik SHGU Nomor 1 Tahun 1990 yang bertindak selaku kuasa PT Wihata Karya Agung, mantan Sekretaris P2TUN Kabupaten Indramayu Daddy Haryadi, dan mantan Wakil Ketua P2TUN yang juga mantan Kepala Dinas Pertanahan Kabupaten Indramayu Mohammad Ichwan.

Sumber : Detik

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s