Perampok Bank Antar-provinsi Diotaki Mantan Satpol PP


Jakarta – Perampok bank antar-provinsi yang beraksi di BRI Indramayu ternyata diotaki oleh mantan petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) berinisial HJ. HJ kini masih buron.

“Otaknya adalah HJ, dia Satpol PP di Indramayu. Dia yang punya safehouse bagi kelompoknya,” kata Kepala Satuan Resmob Polda Metro Jaya Kompol Herry Heryawan kepada wartawan, Rabu (25/5/2011).

Selain HJ, petugas juga masih memburu 10 pelaku lainnya yang masih DPO, di antaranya berinisial BO, ED, HR dan AR. Sementara 4 tersangka yang telah dibekuk yakni berinisial SR, SY, TK dan NS. Keempat tersangka dibekuk pada Rabu (25/5) dini hari di markasnya yang terletak di Kampung Blok A, Desa Tugu, Kecamatan Lelean, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Herry mengungkapkan, keempat tersangka dibekuk usai melakukan perampokan di Bank BRI Cabang Kandang Haur, Jl Raya Parean, Desa Parean Girang, Kecamatan Kandang Haur, Kabupaten Indramayu.

“Di BRI itu, pelaku melakukan penyekapan terhadap 6 sekuriti dan menganiayanya. Mereka kemudian membawa brankas berisi Rp 1 miliar ke homebasenya di rumah HT,” jelas Herry.

Herry menjelaskan, aksi perampokan para tersangka itu terungkap setelah tim menangkap pelaku perampokan yang beraksi di Ciketing, Bekasi pada 11 April 2011 lalu. Tersangka yang ditangkap berinisial RE di Koja, Tanjung Priok, Jakarta Utara pada 24 Maret 2011 pukul 20.00 WIB.

Tersangka RE kemudian dibawa ke Mapolda Metro Jaya untuk diinterogasi. Dari pengakuannya, RE melakukan perampokan bersama 11 pelaku lainnya antara lain BO, SR, HR, ED dan MS. MS kemudian ditangkap di Lampung dan MB ditangkap di Tangerang

“Dari keterangan mereka diperoleh informasi jika pimpinannya (HT) berada di markasnya di Indramayu,” ujarnya.

Tim kemudian menyergap rumah HJ di Desa Tugu, Lelan, Indramayu pada Rabu (25/5) dini hari. Saat dilakukan penyergapan polisi hanya menemukan empat tersangka yakni SR, TK, SY, dan NS. “Dua orang lainnya lari, termasuk si pemilik rumah (HJ),” ucapnya.

Sebelum dilakukan penggerebekan, kelompok tersebut ternyata telah melakukan perampokan di beberapa tempat termasuk dua kantor Koperasi di Solo, Jawa Tengah. Namun, aksinya di Solo tidak berbuah hasil, sampai akhirnya mereka kembali ke Indramayu.

Di Indramayu pada malam tersebut, kawanan perampok telah beraksi di tiga tempat, diantarnya Kantor Asia Finance Jati Barang dan Bank BTPN Jati Barang.

“Dari dua TKP mereka tidak mendapatkan hasil. Kemudian sekitar pukul 22.00 WIB, mereka merampok Bank BRI Cabang Kandang Haur Kabupaten Indramayu dan berhasil menggondol uang Rp 1 miliar lebih,” jelas Herry.

Dari tangan para tersangka polisi berhasil menyita satu unit mobil Daihatsu Xenia, satu unit mobil Suzuki Escudo, dua buah gunting besar, golok, senjata api pistol revolver dan amunisinya lima butir, dua buah plat nomor, sangkur, pipa besi, celurit, gancu, obeng, linggis, dan satu buah senjata angin laras panjang.

Sumber : Detiknews

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s