Keputusan insentif atas kilang ditunggu


JAKARTA: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengharapkan usulan pemberian insentif dalam proyek pembangunan kilang segera mendapatkan respons dari Kementerian Keuangan sehingga memberikan kepastian kepada investor.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Evita Herawati Legowo mengungkapkan pada dasarnya permintaan mengenai insentif itu sudah diajukan sejak 2008 kepada Kementerian Keuangan, tetapi hingga kini belum mendapatkan jawaban.

“Ketika ada kerja sama antara Pertamina dengan Kuwait [Kuwait
Petroleum Corporation/KPC], kita juga sudah kirim lagi. Sampai sekarang masih menunggu respons dari Kementerian Keuangan,” jelas dia di sela acara Konvensi dan

Pameran Minyak dan Gas IPA ke-35, hari ini.
Menurut dia, komitmen Kuwait Petroleum Corporation (KPC) membangun kilang pengolahan bahan bakar minyak bersama PT Pertamina (Persero) di kompleks Kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat, masih menunggu kepastian insentif dari pemerintah.

KPC sendiri telah mendapatkan sejumlah insentif dalam proyek serupa dari Pemerintah Vietnam. Adapun permintaan insentif yang diajukan Kementerian ESDM tersebut serupa dengan yang diberikan oleh Pemerintah Vietnam.

Pada bagian lain, dia mengungkapkan Menteri Keuangan tengah mengkaji kelayakan pemberian insentif pembangunan kilang bersama dengan Universitas Indonesia “Artinya, Kemenkeu sudah do something, hanya saja kajiannya belum selesai. Seharusnya, akhir Mei ini, sudah selesai.

Sumber : Bisnis Indonesia

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s