Minimarket Dilarang Buka 24 Jam


INDRAMAYU – Minimarket di Kabupaten Indramayu, Jabar, dilarang beroperasi selama 24 jam penuh. Jika melanggar, tindakan tegas akan diambil.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Perizinan dan Penanaman Modal Daerah (BPPMD) Kabupaten Indramayu, Umar Budi Karyadi, di Indramayu, Selasa (28/12).

“Kami sudah melarang minimarket beroperasi selama 24 jam penuh,” katanya.

Larangan ini menurut Umar akan secepatnya disosialisasikan kepada pemilik minimarket yang ada di wilayah Indramayu.

Pelarangan tersebut didasarkan pada Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Republik Indonesia No 53 tahun 2008 tentang Pedoman Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pasar Pembelanjaan dan Toko Modern.

“Kami berharap dengan pembatasan tersebut bisa memberikan kesempatan bagi pedagang tradisional untuk bisa melayani konsumen,” katanya.

Jika ada minimarket yang menyalahi ketentuan tersebut, Umar mengungkapkan pihaknya akan menindak tegas. Untuk itu pihaknya akan bekerja sama dengan Satpol PP untuk menegakkan aturan yang sudah ditetapkan.

Selain itu, Umar pun menambahkan, pihaknya akan lebih selektif lagi dalam memberikan izin untuk pendirian minimarket di wilayah Kabupaten Indramayu.

Saat ini tercatat sudah ada 88 minimarket yang tersebar di 31 kecamatan yang ada di Kabupaten Indramayu. Bahkan beberapa diantaranya ada yang berdekatan dengan pasar tradisional.

Maraknya keberadaan minimarket pun dikeluhkan Ketua Ikatan Pedagang Pasar Pronggol, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Didi Sunardi.

“Saat ini hanya dalam jarak beberapa meter saja, minimarket sudah bisa ditemukan di lingkungan kita,” katanya. Kondisi ini menurut Didi tentu sangat tidak menguntungkan bagi pedagang-pedagang tradisional.

Apalagi minimarket itu menjual barang-barang yang sama dengan pedagang tradisional bahkan jam operasionalnya pun hingga 24 jam. “Ini namanya sama saja dengan menghabisi pedagang tradisional,” katanya.

Karena itu, Didi pun meminta kepada Walikota Cirebon untuk bisa membatasi pendirian dan jam beroperasinya minimarket itu.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s