Gudang Petasan di Indramayu Meledak


INDRAMAYU – Gudang petasan di Desa Lobener, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Minggu (16/1) pukul 08:20 WIB meledak mengakibatkan bangunan yang merangkap rumah tinggal terletak di tepi tanggul Sungai Cimanuk Blok Kebon Kopi itu berantakan.

Suara ledakan yang sangat keras sempat membuat warga sekitar panik. Mereka khawatir terjadi ledakan susulan. Mengingat di gudang itu terdapat banyak tumpukan benda yang mudah terbakar.

Sekalipun tak sampai merenggut korban jiwa, namun ledakan keras yang disertai munculnya kepulan asap tebal menjulang ke angkasa dan berbau belerang itu menyebabkan pemilik pabrik petasan Ny. Hj. Sar, 43, menderita kerugian materi yang hingga kini masih dihitung jumlahnya dan ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Polisi yang datang ke TKP setelah mendapat laporan warga langsung melakukan penyelidikan. Agar titik ledakan tidak mengganggu proses penyidikan, karena di sekitar lokasi ledakan banyak ditonton warga, polisi memasang police line atau garis polisi.

Sejauh ini, polisi masih memeriksa pemilik pabrik petasan serta beberapa saksi mata termasuk pekerja yang pada saat kejadian sibuk bekerja. Pabrik petasan itu mempekerjakan puluhan orang yang melakukan aktifitas sesuai keahlian.

Keterangan dihimpun Pos Kota di lokasi kejadian menyebutkan, pagi itu seperti biasa, puluhan pekerja sibuk mengerjakan pekerjaan sesuai keahlian. Seorang pekerja tampak hati-hati dan tegang memasukkan serbuk ke selongsong kertas.

Memasukkan serbuk bahan peledak petasan ke selongsong kertas itu kata pekerja merupakan pekerjaan paling beresiko. Oleh sebab itu memasukkan serbuk petasann hanya boleh dilakukan pekerja senior.

Saat sibuk memasukkan bahan peledak petasan ke kertas, tiba-tiba muncul percikan api disertai suara kretek-kretek yang menandakan ada benda terbakar di sudut ruangan. Para pekerja yang sudah berpengalaman langsung berlari ke luar gudang menyelamatkan diri.

Suara kretek-kretek itu hanya dalam hitungan detik, berubah menjadi dentuman sangat keras. Mirip bom. Asap tebal tampak menjulang ke angkasa. Ledakan itu menimbulkan kerusakan bangunan.

Warga yang tengah berada di seberang Sungai Cimanuk, tepatnya di sekitar Pasar Bangkir, Desa Rambatan Kulon Kecamatan Lohbener sempat mendengar suara ledakan itu. “Saya dengar ledakan yang suaranya cukup keras,” ujar Casman, 26 seorang warga yang kebetulan tengah menunggu istrinya berbelanja di sekitar Pasar Bangkir.

Tetangga terdekat yang rumahnya dalam radius sekitar 300 meter merasakan bumi seperti bergetar tatkala ledakan di pabrik petasan itu terjadi. “Bumi seperti bergetar,” kata seorang ibu rumah tangga pemilik warung jajanan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s