Warga Sandera Alat Berat Proyek SPBE


Kesal Tuntutan Belum Terpenuhi
LOSARANG
– Aksi demo yang dilakukan warga Desa Pangkalan, Kecamatan Losarang Sabtu lalu (11/10) dengan cara memblokir akses jalan kendaraan proyek Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBE) PD Bumi Wiralodra Indramayu (BWI) yang dilaksanakan CV Puri Artha terus berlanjut. Aksi warga yang tergabung dalam Lembaga Pemuda Peduli Lingkungan (LPPL) Indramayu akhir pekan lalu yang meminta kompensasi terhadap dampak yang ditimbulkan akibat lalu lintas armada pengangkut tanah dan operasional diwujudkan dengan menyandera sejumlah alat berat. “Aksi yang kami lakukan bukan untuk meminta ganti rugi kepada pihak proyek agar membangun rumah warga. Apalagi ada anggapan bahwa warga hanya untuk mencari modal untuk membangun rumahnya lebih bagus lagi. Aksi ini murni atas dasar kerugian yang diderita warga yang terkena imbas langsung, dan memang berhak untuk mendapatkan ganti rugi,” papar Koordinator IPPL Darsono di hadapan massa pendemo, Kamis (16/10) di lokasi proyek.
Belum terealisasinya beberapa tuntutan yang disampaikan pada aksi pertama, membuat warga geram dan kembali melakukan aksi serupa. Bahkan, karena kesal belum mendapatkan perhatian dan ganti rugi, warga melakukan penyanderaan sebuah unit kendaraan berat yang sedang beroperasi. “Kami menuntut hak, karena jelas sangat dirugikan. Pengelola proyek jangan hanya diam dan pura-pura tidak mendengar jeritan maupun teriakan kami yang sangat merasakan dampaknya,” teriak Darsono.
Masyarakat tetap bersikukuh untuk tetap memblokir akses jalan proyek, mengingat belum terealisasinya tuntutan sebagai akibat pelaksanaan proyek yang menimbulkan banyak ekses, termasuk penyakit inpeksi saluran pernapasan akut (ISPA). “Aksi ini merupakan gerakan korektif dan kesadaran masyarakat ketika hak-haknya ternoda, serta tidak diakomodir oleh pemilik proyek,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s